Daftar Nama Situs Yang WAJIB Diketahui Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi

Banyak mahasiswa tidak menyadari bahwa dalam mencari refenrensi untuk keperluan menyusun skripsi tidak hanya ada di perpustakaan saja. Bahkan di Internet juga banyak yang berbentuk e-book, pdf, berikut ada beberapa web yang harus diketahui mahasiswa yang sedang menyusun skripsi :

       1.     Google Scholar

Google scholar ini salah satu fitur yang dimiliki Google untuk memfasilitasi pencarian khusus bagi siswa, mahasiswa, dan dosen. Manfaat dari Google scholar yaitu menyimpan banyak jurnal-jurnal, skripsi, artikel, ebook, paper, dan juga tesis. Berikut link untuk mengakses situs tersebut https://scholar.google.com/.

       2.     Situs Perpustakaan Nasional Indonesia

Web ini menyediakan ratusan juta berbagai informasi tentang Indonesia, untuk mengakses web tersebut harus mendaftar terlebih dahulu. Disini menyediakan bahan-bahan secara digital online (e-Resources) seperti jurnal, ebook, dan karya-karya referensi online lainnya. Berikut link untuk mengakses situs tersebut http://e-resources.perpusnas.go.id/.

       3.     Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau disingkat (LIPI) merupakan suatu lembaga pemerintahan Non kementrian Republik Indonesia yang dikoordinasikan oleh Kementerian Negara Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KNMNRT). LIPI adalah lembaga penelitian terbesar di Asia Tenggara yang memiliki kumpulan-kumpulan penelitian dibidang ilmu pengetahuan seperti Ilmu Bumi, ilmu teknik, pangan dan kesehatan, keanekaragaman hayati dan lingkungan, dan ilmu sosial dan humaniora. Berikut link untuk mengakses situs tersebut http://lipi.go.id/.

       4.     Open Library

Open Library merupakan proyek online yang menyediakan berbagai penelitian-penelitian tentang sosial humaniora. Disini banyak buku-buku yang cocok dijadikan referensi yang cukup untuk membantuk skripsi kamu. Berikut link untuk mengaskses situs tersebut https://openlibrary.org/.

       5.     Academia

Academia merupakan situs jaringan sosial bagi akademisi, dapat digunakan untuk keperluan sekolah, kampus, kantor dan menyediakan banyak informasi seperti berbagi dokumen, jurnal, karya ilmiah, dan tesis. Ada bisa login dengan menggunakan akun google atau facebook. Berikut link untuk mengakses situs tersebut https://www.academia.edu/.

       6.     Microsoft Academic

Microsoft academic adalah web bagi ilmuwan yang aktif di bidang research, akademik, praktis, di bidang skripsi dan tesis, dan banyak lagi jurnal-jurnal yang bisa dijadikan referensi. Apa lagi untuk mahasiswa yangs edang menyusun skripsi, sangat banyak referensi yang bisa diambil dari situs tersebut. Berikut link untuk mengakses situs tersebut https://academic.microsoft.com/.

       7.     Digital Library UIN Sunan Ampel

Web ini sering banget keluar jika kita mencari pengertian-pengertian terkait jurnal, skripsi atau referens untuk menyusun skripsi seperti metode penelitian, pengertian para ahli dan lain sebagainya. Berikut link untuk mengakses situs tersebut http://digilib.uinsby.ac.id/.

       8.     Directory of Open Access Journals (DOAJ)

DOAJ merupakan web/situs yang menyediakan akses ke jurnal yang berkualitas, web ini tersedia ratusan ribu jurnal ilmiah, untuk yang sedang menyusun skripsi sangat cocok untuk mencari penelitian terdahulu atau fokus penelitian dai situs ini. Berikut link untuk mengakses situs tersebut https://doaj.org/.

       9.     ScienceDirect

ScienceDirect merupakan situs yang berisi kumpulan-kumpulan dokumen lengkap yang berasal dari penelitian ilmiah, jurnal-jurnal ilmiah, dan buku. Namun situs tersebut hanya gratis jika kita mengunduh beberapa halaman saja, untuk mendownload teks lengkap harus berbayar. Berikut link untuk mengakses situs tersebut https://www.sciencedirect.com/.




Post a Comment

0 Comments